Widgets

2

Objek Dua Dimensi

Posted by Re on 18.55 in , ,
Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. 
Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang  sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. 
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D :
·       Line
·       Circle
·       Arc
·       Polygon
·       Text
·       Section
·       Rectangle
·       Ellips
·       Donut
·       Star
·       Helix

Dari macam-macam objek 2d ini saya akan membahas 3 macam:
Circle

Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang tak berhingga dan saling berhubung.
Line



Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi yang sangat mendasar dan sering digunakan untuk perancangan gambar kerja. Line berasal dari 2 titik yang saling terhubung.
Polygon


Polygon adalah suatu fungsi yang mirip dengan polyline, hanya saja hasilnya adalah kurva tertutup. Pada polygon digunakan konsep array dalam menyatakan objek 2D sebagaikumpulan titik 2D. Polygon digunakan untuk merepresentasikan objek-objek dua dimensi. Suatu poygon paling sedikit dibatasi oleh tiga garis yang saling terhubung di antara ketiga titik tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk mendefinisikan objek grafik 2 dimensi :
1.    Mendefinisikan struktur dari titik 2D




Sistem Koordinat OpenGL

2.    Mendefinisikan struktur warna
Untuk memberi warna pada objek, seperti titik atau garis, dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi " glColor3f(red,green,blue);
Di mana red, green, blue berada pada 0 sampai dengan 1, yang menunjukkan skala pencerahan dari masing-masing skala.





3.    Mendefinisikan struktur dari objek grafik 2D
Fungsi gluOrtho2D (left,right,bottom,top) " gluOrtho2D(-320,320,-240,240)






Objek primitive (Lanjutan)
a. Triangle "GL_TRIANGLES
Triangle atau segitiga adalah tiga buah titik yang terhubung menjadi suatu segitiga dengan blok di tengahnya.
b. Quads " GL_QUADS
Quad atau segempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segempat dengan blok di tengahnya.
c. Polygon " GL_POLYGON
Polygon merupakan suatu fungsi yang mirip dengan polyline, tetapi menghasilkan kurva tertutup dengan blok warna (fill).


2 Comments


terima kasih atas info dan saya sangat suka muzik kamu :)


blog kamu keren, aku suka. isinya juga bermanfaat.

Posting Komentar

Copyright © 2009 Informatic Engineering All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.